Friday 4 November 2011

Fakta Yang Menarik Tentang Minyak Wangi


Mengapa minyak wangi yang sama aromanya berbeza apabila dikenakan kepada orang lain?
Secara umumnya, semua minyak sebenarnya boleh dipakai semua orang, meskipun baunya akan sedikit berbeza. Namun, setiap orang mempunyai kelenjar yang mengeluarkan hormon tertentu, dan mempengaruhi bagaimana aromanya bereaksi pada kulit. Apapun yang mempengaruhi aroma alami kulit anda, seperti stres, perubahan hormon, makanan, atau ubat-ubatan, boleh mengubah bagaimana aroma minyak wangi tersebut pada kulit anda.
Bolehkah menyemburkan minyak wangi pada tubuh yang sudah berbau peluh?
Minyak wangi atau spray sebenarnya digunakan untuk membuat tubuh wangi, bukan untuk menutupi bau badan. Namun kerana faktor kebiasaan, ramai yang menggunakan minyak wangi untuk menutupi bau badan. Padahal, kalau kita hanya memakai minyak wangi, cologne, atau bedak yang tidak memiliki zat aktif pembunuh bakteria atau menghentikan peluh di bahagian kulit dengan kelenjar apoccrine, boleh jadi tubuh kita akan bertambah bau. Sebaiknya cari produk yang memang memiliki kandungan zat aktif untuk melawan bau badan, seperti deodoran dengan antiperspiran.
Berapa lama daya tahan sebotol minyak wangi? 
Pada dasarnya, minyak wangi harus disimpan ditempat yang sejuk. Jika sudah dibuka sekali, harus dihabiskan dalam waktu tiga tahun. Kalau tidak, akan berevaporasi. Alkoholnya akan tercium banyak, warnanya juga berubah. Ada juga orang yang mengalami alergi, karena alkohol atau bahannya telah pun  rosak. Akibatnya kulit akan jadi gatal-gatal.
Mengapa ada minyak wangi  yang baunya cepat hilang, ada pula yang tahan lama?
Minyak wangi pada dasarnya merupakan campuran (konsentrasi) minyak dan air. Konsentrasi ini mempengaruhi ketahanan aromanya. minyak wangi umumnya merupakan tipe dengan konsentrasi tertinggi, yaitu dari 15-25 persen minyak wangi yang dilarutkan dalam alkohol. Setiap campuran dengan proporsi yang lebih rendah dari minyak untuk alkohol adalah air (eau). Dari situlah asal kata tipe-tipe wewangian, seperti eau de cologne yang konsentrasinya 2-5 persen (seperti disebut sebelumnya), eau de toilette, eau de parfum, hingga parfum atau perfume.
Daya tahan minyak wangi juga dipengaruhi oleh komposisi top notes, middle notes, dan base notes-nya. Menurut Lourdes, aroma jeruk biasanya dipakai untuk top notes, kerana aromanya tidak tahan lama. Namun saat ini sudah ada teknik (disebut kromatografi) yang membuat jeruk boleh ditempatkan di middle dan base. Ketika ditempatkan di base notes, aroma jeruk akan terasa lebih lama.
Apa yang dimaksud top, middle, dan base notes?
Top notes adalah kesan pertama dari aroma sebuah wewangian ketika disemburkan pada kulit. Aromanya cenderung lebih ringan, dan lebih mudah meresap dalam lima hingga 30 menit. Middle notes, yang biasa disebut juga sebagai heart notes, baru akan tercium 10 hingga 30 menit setelah disemburkan di kulit atau setelah aroma top notes meresap. Sedangkan base notes adalah aroma yang tercium hingga berjam-jam sesudahnya, biasanya terdiri atas aroma oakmoss, patchouli, woods, musk, dan vanilla.
Bagaimana menyimpan minyak wangi agar tahan lebih lama?
Kalau anda seorang pengumpul minyak wangi dan ingin mempamerkan koleksi anda di almari, silakan saja. Namun, jangan sampai tempat penyimpanan ini terdedah pada sinar matahari secara langsung. Hanya saja, bila sudah bertahun-tahun, warna minyak wangi tetap akan berubah lebih gelap kerana oksidasi. Itu sebabnya minyak wangi selalu disimpan dalam box dengan karton berlapis. Tujuannya, agar minyak wangi tidak terdedah pada panas dari udara luar. Sehabis memakai minyak wangi, simpan kembali di box supaya hawa yang panas atau dingin tidak langsung mempengaruhi aroma minyak wangi.


sumber : lapar.com

2 comments:

Anonymous said...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Gema Parfum
Minyak wangi tahan lama.

----------

aisoice said...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah elmu.

Gema Parfum
Top Notes, Middle Notes, Base Notes

----------

Post a Comment